diposkan pada : 05-01-2016 13:54:36

Apakah anda sedang mencari konsultan ISO 9001. Apakah anda sedang bertanya-tanya apa saja proses yang dilakukan selama proses Konsultasi ISO 9001. Artikel kali ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan anda mengenai proses kosnultasi ISO 9001.

Kegiatan konsultasi ISO 9001 dapat dibagi kedalam beberapa tahapan. Berikut adalah proses langkah demi langkah kami terbukti untuk sebuah proyek implementasi ISO yang sukses.

  1. Menyiapkan Organisasi Anda

Pada tahap ini konsultan akan mengadakan kick-off meeting dengan tim ISO organisasi/perusahaan terkait. Konsultan akan memberi gambaran mengenai ISO 9001 dan juga tahapan-tahapan yang akan dilalui sampai dengan sertifikasi.

 

  1. Melakukan Analisa kesenjangan/Gap Analysis

Konsultan akan melakukan pengecekan mengenai kondisi perusahaan/organisasi dibandingkan dengan persyaratan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001. Pada tahap ini akan ditemukan:

  1. Proses yang mematuhi standar dan didokumentasikan.
  2. Proses yang mematuhi standar dan harus didokumentasikan.
  3. Proses yang tidak mematuhi standar dan harus dirancang ulang.
  4. Proses yang diperlukan oleh standar yang saat ini belum ada.

 

  1. Melaksanakan Training Awareness/Introduction ISO 9001

Training Awareness/Introduction ISO 9001 memberi pembekalan pada SDM organisasi/perusahaan mengenai ISO 9001. Peserta akan belajar mengenai mutu, apa definisinya dan juga mengenai manfaat ISO 9001 dan juga persyaratannya. Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan akan memiliki pengetahuan dan juga kemauan untuk mengimplementasikan Standard Manajemen Mutu ISO 9001.

 

ISO 9001 Awareness Training
 

ISO 9001 Awareness Training adalah standar Sistem Manajemen Mutu/Quality Management System yang dibuat untuk membuat pencapaian kualitas serta konsistensi produk lebih mudah tercapai dengan memberi langkah-langkah spesifik untuk pengembangan sistem manaj ...

 

  1. Menyiapkan Dokumen ISO 9001

Apa saja persyaratan dokuemen ISO 9001? Ketika kita berbicara tentang merancang dan mendokumentasikan sistem, kita berbicara tentang bagaimana mengembangkan proses-proses yang akan menjadi tulang punggung dari sistem kualitas, proses-proses yang akan memenuhi persyaratan standar.

Lalu dokumen apa saja yang diperlukan? Untuk ISO 9001:2008 terdapat beberapa dokumen wajib yang dibutuhkan yaitu:

  1. Pedoman Mutu
  2. Kebijakan Mutu
  3. Sasaran Mutu
  4. Catatan Mutu
  5. Dan juga 6 prosedur yaitu:
  • Pengendalian Dokumen
  • Pengendalian Catatan
  • Internal Audit
  • Pengendalian produk tidak sesuai
  • Langkah korektif
  • Langkah pencegahan

ISO 9001 Documentation Training
 

ISO 9001 Documentation Training ialah standar Sistem Manajemen Mutu/Quality Management System yang dibuat guna membuat pencapaian kualitas serta konsistensi produk lebih mudah tercapai dengan memberi langkah-langkah spesifik untuk pengembangan sistem manaj ...

 

  1. Implementasi Sistem ISO 9001

Langkah berikutnya dalam proyek Anda adalah untuk menggunakan dan meningkatkan perusahaan Anda. Setiap orang dalam organisasi Anda harus melakukan proses dan juga prosedur yang telah didokumentasikan dan instruksi kerja untuk mematuhi persyaratan SMM. Mungkinakan banyak prosedur yang baru, atautelah berubah secara signifikan selama proyek ISO 9001.

 

  1. Melaksanakan Training Internal Audit ISO 9001

Internal audit merupakan salah satu kewajiban dari SMM ISO 9001. Latih SDM anda agar dapat melakukan internal Audit ISO 9001.

Training Internal Auditor ISO 9001:2015
 

Pelajari cara untuk melakukan audit proses Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015.   Mengapa anda perlu menghadiri Training Internal Audit ISO 9001:2015 Seberapa baik penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 di organisasi anda? Ap ...

 

  1. Melakukan Internal Audit ISO 9001

Jadwalkan dan laksanakan internal audit. Temuan-temuan akan sangat berguna untuk proses pengembangan organisasi

 

  1. Mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

RTM atau juga dikenal sebagai Management Review Meeting akan dilakukan tinjauan informasi dari Audit Internal, tindakan korektif dan pencegahan dan hasil pengukuran dan pemantauan perusahaan. Memulai tindakan korektif dan tindakan pencegahan untuk memperbaiki masalah dan membuat perbaikan ke SMM.

 

  1. Audit Badan Sertifikasi

Setelah dilakukan audit internal dan RTM, maka organisasi dapat mengundang badan sertifikasi untuk melakukan audit. Sama dengan audit internal, proses audit dari badan sertifikasi juga akan menghasilkan temuan yang harus ditindaklanjuti oleh perusahaan atau organisasi terkait.

Badan Sertifikasi ISO 9001 di Indonesia
 

Pengertian Sertifikasi ISO 9001 Sertifikasi ISO 9001 adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang disebut sebagai badan sertifikasi. Badan sertifikasi yang begitu eksis di Indonesia ini sudah sangat banyak. Lantas, bagaimana cara untuk memperole ...

 

  1. Membuat Tindakan Perbaikan

Untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001, maka temuan dari audit harus terlebih dahulu ditindaklanjuti dengan membuat tindakan perbaikan.

 

  1. Mendapatkan Sertifikat ISO 9001

Selamat sekarang anda mendapatkan sertifikat ISO 9001. Saatnya menjaga dan memperbaiki sistem yang ada dengan siklus yang sudah dipersyaratkan ISO 9001. Akan ada internal audit dan juga audit tahunan dari badan sertifikasi yang bermanfaat untuk memacu proses continues improvement.

 

Sertifikat ISO 9001
 

Sertifikat ISO Sertifikat ISO 9001 adalah sertifikat mengenai sistem manajemen mutu perusahaan, sertifikat ini sebagai pengakuan oleh pihak ketiga bahwa perusahaan atau organisasi sudah menjalankan semua kaidah kaidah yang diminta oleh Persyaratan Sisite ...

 

Semoga gambaran tahapan di atas dapat memberikan pemahaman anda.

 

Persyaratan Revisi Standar ISO 9001 Versi 2015

 

Persyaratan Revisi Standar ISO 9001 Versi 2015 Mengikuti setiap perubahan sistem manajemen mutu internasional yang terbaru merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap lembaga, perusahaan atau organisasi. Hal ini bukan hanya ditujukan demi kepentin ...

Artikel lainnya »